Friday, July 15, 2011

"THE MOST POWERFUL FORMULA"


Sebagian besar orang yang berhasil mencapai prestasi gemilang yang saya temui, menunjukkan bahwa mereka secara sadar atau tidak sadar telah menjalankan suatu formula untuk mencapainya.

Formula ini sejatinya bersifat sederhana tetapi berdayaguna, yang dapat kita manfaatkan untuk melecut diri kita lebih optimal lagi guna berusaha mencapai semua hal yang kita cita-citakan.

Formula ini sederhananya terdiri dari empat unsur berbentuk siklus yang hidup dan dinamis:

Pertama, Sebelum kita mulai melakukan sesuatu, kita harus menentukan dulu hasil akhir seperti apa yang ingin dicapai. Definisikanlah dan deskripsikanlah secara jelas dan spesifik mengenai tujuan tersebut, apa yang ingin dicapai? seberapa besar? Berapa lama waktu yang diperlukan? Dengan kualitas seperti apa? Dan lain sebagainya. Dalam istilah beberapa ahli manajemen, “mulailah dari yang akhir”,

Kedua, segera ambil tindakan yang konsisten dan penuh kegigihan setelah menentukan tujuan. Jika definisi dan deskripsi hasil akhir yang ingin dicapai sudah terurai jelas di dalam kepala, maka segeralah ambil tindakan. Tidak ada hasil yang bisa dicapai tanpa tindakan nyata.

Ketiga, bersikaplah peka dan fokus dalam proses menjalani tindakan itu. Perlu kita ingat bahwa tidak selalu tindakan kita membuahkan hasil yang sesuai dengan sasaran, bisa jadi hasil yang kita dapat justru melenceng dari sasaran yang telah dicanangkan. Oleh karenanya, jika kita terus menerus mengembangkan kepekaan, maka kita akan dapat segera menyadari titik lengah dan segera mengembalikannya ke tujuan awal. Kepekaan ini berlaku terhadap setiap tindakan, percakapan, dan kebiasaan-kebiasaan kita.

Keempat, berlakulah fleksibel. Jika kita menemukan bahwa ada hasil yang tidak sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan, maka berlakulah fleksibel untuk terus mengubah perilaku dan tindakan agar dapat mencapai hasil yang sesuai dengan sasaran semula. Ibarat nahkoda kapal laut yang selalu mengatur kemudinya agar dapat terus-menerus menyesuaikan kapalnya dengan tujuan awal.

Renungkanlah mereka yang berhasil. Mereka pasti memulai dengan suatu deskripsi target tertentu. Kita tidak mungkin mencapai suatu hasil yang hebat, sementara hasil itu pun tidak pernah kita deskripsikan bukan?.

Setelah menentukan targetnya, mereka biasanya langsung bergerak dan mengambil tindakan untuk mencapai target tersebut. Mereka tidak menunggu semuanya lengkap, semuanya ideal, dan semua syaratnya terpenuhi. Mereka langsung bergerak saja!.

Dalam perjalanannya, memang mereka akan menghadapi berbagai rintangan dan tantangan, tapi mereka justru belajar daripadanya. Mereka bukan menyerah, justru mereka belajar untuk mengerti selah-nya. Setelah mereka belajar sambil memperbaiki kesalahan di sana-sini, mereka terus menerus fokus pada tujuannya semula, hingga pada akhirnya mereka berhasil mewujudkan mimpi tersebut menjadi kenyataan.


Imam Munadi
Cuplikan isi buku terbaru saya "UNLIMITED HAPPINESS" (Elexmedia Komputindo, 2011)

No comments:

Post a Comment